Luo Han Guo: Ramuan Obat Batuk Herbal Tiongkok

No Comments Uncategorized

Batuk adalah reaksi alamiah tubuh sebagai sistem pertahanan untuk mengeluarkan zat dan partikel dari dalam saluran pernapasan, serta mencegah benda asing masuk ke saluran napas bawah. Namun, batuk yang terjadi terus menerus amat mengganggu, kita mungkin butuh obat batuk untuk meredakannya. Apakah kamu sudah punya obat batuk andalan? Pernah dengar Luo Han Guo?

Luo Han Guo adalah merek dagang dari sebuah obat batuk. Produk ini hadir sebagai “obat batuk herbal”. Seperti namanya, kita mungkin bisa langsung menebak asal—atau setidaknya formula-nya—dari produk ini. Jika sambil membaca kamu menggumamkan, “China” atau “Tiongkok”, jawabanmu tepat sekali.

Obat batuk Luo Han Guo terbuat dari campuran bahan utama buah monk. Buah ini, dalam bahasa Mandarin, disebut dan ditulis persis seperti merek obat batuk ini, luo han guo. Namun, ada juga yang menulis lo han kuo. 

Buah tradisional Cina ini telah dipercaya para biksu sebagai obat alami untuk meredakan panas dalam dan radang tenggorokan. Oleh karenanya, tak jarang buah ini juga disebut sebagai “Buah Biksu”. 

Kembali ke formula produk, selain buah monk, obat batuk Luo Han Guo juga mengandung umbi bunga lili, biji aprikot, dan akar poligonati. Masing-masing bahan telah diatur sedemikian rupa sehingga banyaknya atau jumlahnya sesuai takaran dan pas untuk mengencerkan lendir pada saluran pernapasan. 

Dengan begitu lendir akan mudah dikeluarkan dan pernapasan menjadi lega. Inilah mengapa obat batuk Luo Han Guo memiliki manfaat atau indikasi utama sebagai pereda batuk berdahak disertai dengan gejala flu, di luar manfaat atau indikasi lain, seperti menurunkan demam, melancarkan buang air besar, sekaligus menjaga kesehatan paru-paru.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Luo Han Guo si obat batuk ramuan herbal tradisional Tiongkok ini, berikut detail informasinya:

Indikasi (manfaat)

Seperti sudah disinggung sebelumnya, indikasi dan manfaat obat batuk Luo Han Guo ini antara lain:

  • Meredakan batuk berdahak yang disertai pilek
  • Mengencerkan dahak dan mengeluarkannya bersama batuk
  • Menjadikan pernapasan terasa lebih lega
  • Meredakan gejala panas dalam
  • Menurunkan demam tinggi

Komposisi

Nah, berikut ini merupakan komposisi lengkap dari sebotol obat batuk herbal ramuan tradisional Tiongkok, Luo Han Guo, berukuran 120 mililiter:

  • Buah lo han guo 72 ml;
  • Umbi bunga lily 24 ml;
  • Biji aprikot 7.2 ml;
  • Akar poligonati 9.6 ml.

Dosis

Meminum obat, sekalipun obat herbal dan dikatakan aman, tetap perlu pertimbangan. Salah satu hal yang dijadikan pertimbangan ketika minum obat adalah dosis. Dosis merupakan takaran aman yang bisa dan boleh dikonsumsi oleh seseorang. Adapun dosis dari obat batuk Luo Han Guo adalah 10 hingga 15 ml sebanyak 3 kali per hari.

Aturan pakai

Selain dosis, pertimbangan selanjutnya dalam meminum obat adalah kondisi lambung. Biasanya, hal ini termanifestasi dalam kalimat “setelah atau sebelum makan”. Perlu diketahui, sebaiknya obat batuk Luo Han Guo diminum setelah makan.

Perlu Resep

Karena obat batuk Luo Han Guo termasuk obat bebas, sehingga untuk membeli dan meminumnya, seseorang tidak membutuhkan resep dari dokter.

Efek Samping

Kendati demikian, seseorang yang ingin mengonsumsi obat ini harus berhati-hati dengan efek samping yang mungkin ditimbulkan, seperti mual dan muntah yang bersifat sementara dan/atau timbul reaksi alergi pada kulit berupa kemerahan.

Cara Penyimpanan

Adapun sama seperti obat-obat lainnya, saran penyimpanan agar obat ini tetap terjaga kualitasnya adalah cukup dengan menutup rapat botol setelah dibuka, serta menyimpannya di tempat sejuk dan kering, serta terlindung dari cahaya matahari

Perhatian Khusus

Sementara itu, perhatian khusus terhadap obat batuk ini antara lain:

  • Hentikan pemakaian jika terjadi reaksi alergi
  • Ibu hamil dan menyusui
  • Hentikan pemakaian dua minggu sebelum operasi
  • Penderita alergi berat terhadap salah satu kandungan obat herbal ini sebab bisa menimbulkan kontraindikasi.

Itulah beberapa informasi yang perlu diketahui soal obat batuk Luo Han Guo. Perhatikan beberapa hal di atas sebelum mengonsumsi obat herbal ini, agar terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *