Emtrix Efektif Atasi Infeksi Jamur Pada Kuku

emtrix obati jamur kulit

Infeksi jamur pada kuku merupakan sebuah kondisi yang cukup lazim dijumpai yang berawal dari bintik putih atau kuning di ujung jari kaki atau jari tangan. Saat infeksi jamur menyebar semakin dalam, jamur kuku dapat menyebabkan kuku berubah warna, menebal, dan rontok di ujungnya. Kondisi ini dapat memengaruhi beberapa kuku. Jika kondisi Anda bersifat ringan dan tidak mengganggu aktivitas, Anda tidak membutuhkan perawatan apapun. Namun, apabila infeksi jamur pada kuku menyebabkan rasa nyeri dan menyebabkan penebalan pada kuku, obat seperti Emtrix dan langkah perawatan diri bisa digunakan dan dilakukan.

Namun, meskipun perawatan tersebut terbukti efektif, jamur kuku biasanya akan menyerang kembali. Jamur pada kaki dikenal dengan sebutan onychomycosis. Ketika jamur menginfeksi daerah di antara jari kaki dan kulit, kondisi ini dikenal dengan sebutan tinea pedis. 

Gunakan Emtrix jika Anda memiliki gejala-gejala seperti kuku yang menebal, kuku yang berubah warna menjadi putih atau cokelat kekuningan, kuku rapuh dan pecah-pecah, kuku berubah bentuk, warna yang gelap yang disebabkan karena penumpukan kotoran di bawah kuku, serta bau yang tidak sedap. Jamur kuku dapat menyerang kuku jari, namun kondisi ini lebih sering dijumpai pada jari kaki. Anda mungkin perlu mengunjungi dokter apabila perawatan diri dan obat seperti Emtrix tidak membantu, serta kuku terus berubah warna, menebal, dan berubah bentuk. Anda juga perlu mengunjungi dokter apabila Anda menderita diabetes dan memiliki jamur kuku. 

Apa penyebabnya?

Infeksi jamur kuku disebabkan oleh berbagai organisme jamur. Salah satu yang paling sering menyebabkan kondisi ini adalah sejenis jamur yang disebut dermatopyte. Infeksi jamur kuku dapat berkembang pada orang-orang di segala usia, namun lebih sering dijumpai pada lansia. Saat kuku semakin tua, kuku akan rapuh dan kering. Retakan pada kulit dapat menyebabkan jamur untuk masuk ke dalamnya. Faktor lain seperti sirkulasi darah yang berkurang pada kaki dan sistem kekebalan tubuh yang lemah juga dapat memainkan peran dalam berkembangnya infeksi jamur kuku. 

Faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk menderita infeksi jamur kuku di antaranya adalah faktor usia, berkurangnya aliran darah, paparan terhadap jamur selama bertahun-tahun, pertumbuhan kuku yang lambat, banyak berkeringat, memiliki riwayat penyakit athlete’s foot, sering berjalan tanpa menggunakan alas kaki di daerah yang lembap, memiliki cidera kuku atau kulit serta kondisi kulit seperti psoriasis, dan menderita diabetes, gangguan sirkulasi, serta sistem kekebalan tubuh yang lemah. 

Kasus jamur kuku yang parah dapat bersifat menyakitkan dan menyebabkan kerusakan permanen pada kuku. Dan kondisi ini juga dapat menyebabkan infeksi serius yang dapat menyebar melebihi kaki jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah akibat penggunaan obat-obatan, menderita diabetes, dan kondisi gangguan kesehatan lainnya. Jika Anda menderita diabetes, Anda memiliki sirkulasi darah dan pasokan saraf yang berkurang ke kaki. Anda juga memiliki risiko lebih tinggi menderita infeksi bakteri (cellulitis). Sehingga, cidera sekecil apapun pada kaki, termasuk infeksi jamur kuku, dapat menyebabkan komplikasi yang serius. Hubungi dokter apabila Anda menderita diabetes dan sedang mengembangkan infeksi jamur kuku. 

Dalam kasus yang ringan, infeksi jamur kuku dapat diatasi dengan Emtrix. Anda juga bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan infeksi jamur kuku seperti mencuci tangan dan kaki dengan teratur, memotong kuku, menggunakan kaus kaki dan mengganti kaus kaki setiap hari, gunakan sepatu dengan bahan yang “breathable”, dan memakai alas kaki di daerah-daerah yang lembap seperti kolam renang dan kamar mandi. 

Sumber:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nail-fungus/symptoms-causes/syc-20353294
https://www.cdc.gov/fungal/nail-infections.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *